Direktur Utama | Andi Jauhari Yusuf

Ir. Andi Jauhari Yusuf M.M., M.B.A., lahir di Makasar pada tanggal 19 Agustus 1967. Lulus dari Universitas Hasanudin 1991 sebagai Sarjana Teknik Perkapalan dengan predikat Cum Laude, dan kemudian mengikuti Pelatihan tentang Manajemen Konstruksi di Volkswerf GmbH, Jerman 1993-94. Selain itu beliau juga aktif di organisasi, sebagai Fungsionalis ICMI 1996.

Beliau mengawali karir sebagai  Pegawai Negeri Sipil/Peneliti BPP Teknologi Tahun 1992-1999 di Direktorat Pengakajian Ilmu Kelautan, khususnya pengkajian sarana & prasarana teknologi kelautan dan pengembangan industri kelautan, kemudian bertugas di PT (Persero) Pengerukan Indonesia – RUKINDO pada tahun 1997-1999 selaku Kepala LITBANG. Tahun 1999-2004 sebagai Manajer Operasional dan Teknik di berbagai lini organisasi termasuk sebagai Project Manager. Tahun 2004-2010 dipercaya memimpin unit-unit kerja manajerial antara lain: Marketing, Tender Admin, Contract, Business Development, Information Technology, Corporate Communication dan Corporate Secretary.

Kemampuan menulis beliau sejak duduk di SLTA dengan prestasi tertinggi adalah Finalis Nasional LKIR, lomba karya ilmiah remaja Tahun 1985 & sejak tahun 1992 sebagai Peneliti  BPP Teknologi menjadi bekal utama dan dikenal sebagai think tank perusahaan sejak Tahun 1997 dengan puncaknya Tahun 2009 selaku Ketua Tim  Rancangan Rencana Strategis, RJPP BUMN PT.Rukindo 2009-2013 dan jabatan struktural terakhir, adalah Corporate Secretary.

Sederetan pengalaman organisasi yang dimiliki membuat tidak sulit untuk melakukan berbagai kordinasi tugas pada semua Insan dalam suatu Perusahaan. Prinsip belajar berkesinambungan dengan mengikuti seminar-seminar dan berbagai pelatihan manajerial, akan tetap menjaga kualitas wawasan yang dimiliki dan dilengkapi pengamatan lapangan (site visit) pada basis-basis operasional bisnis di dalam &  luar negeri diantaranya; Singapura, Malaysia, India, China, Taiwan sesuai lokasi proyek yang dimiliki oleh Mitra usaha.

Pada tahun 2010, masuk dalam deretan calon Direksi BUMN dengan adanya beberapa kali kesempatan dari Kementerian BUMN untuk mengikuti “fit and proper test”.

Pada tahun yang sama, lebih memilih sebagai Owner di perusahaan swasta yang bergerak dalam bidang perencanaan lahan property dan industry kelautan sehingga sejak tahun 2010 telah mengajukan pensiun dipercepat dari BUMN PT Rukindo, setelah menerima SK Kepangkatan Golongan IV. Dan pada tahun 2015 menerima dan fokus  pada penugasan Pemerintah Provinsi Lampung sebagai Direktur Utama (CEO) PT. Lampung Jasa Utama – BUMD Provinsi Lampung sejak Juni 2015 sampai saat ini serta mengantar Pemerintah Provinsi & BUMD Lampung mendapat predikat Pembina & Perusahaan BUMD terbaik Tahun 2017 dalam TOP BUMD Award oleh Majalah Business News Indonesia dan Asia Business Research.


 


 

1,232 total views, 1 views today